TEMBAK BERBURU

MENEMBAK BERBURU
Berburu ialah salah satu olah raga yang memerlukan konsentrasi tinggi, memacu adrenalin serta melatih fisik kita. Olah raga ini pun memiliki resiko yang cukup tinggi, pasalnya peralatan berburu yg di gunakan tdk main main, kelalaian dapat mengakibatkan cedera serius bahkan kematian. Profesionalitas dan kemahiran merupakan factor utama dalam mewujudkan keberhasilan berburu, ada berbagai jenis senjata/senapan yg digunakan untuk menembak berburu, dari mulai senapan angin pompa cal 4.5mm untuk small game, senapan PCP untuk small - medium game, sampai senapan senjata api untuk big game yg memerlukan izin yg ketat dan mahal. Berikut ini akan sy jelaskan sedikit mengenai jenis jenis senapan berburu sesuai peruntukannya :
 
SENAPAN ANGIN POMPA CAL 4.5 MM
Senapan angin yang memakai pompa (pump action) untuk memampatkan udara lalu dilepas untuk melontarkan proyektil/mimis, Senapan ini di peruntukan untuk small game/hewan buruan kecil, meski begitu senapan ini cukup berbahaya apabila di salah gunakan pasalnya senapan ini menggunakan peluru mimis timah yg berbobot 7 – 10 grain yang di tembakan dgn kecepatan 700-800 fps, memiliki akurasi dan dapat dengan mudah merobek kulit/daging buruan pada jarak 30-40 meter. Sebelum menembak, kita di haruskan memompa terlebih dahulu 3-8 kali pompaan tergantung pada kebutuhan power yg di perlukan, lalu masukan peluru, bidik barulah kita dapat menembak.
Senapan angin pompa ini memiliki jarak efektif rata rata 20 - 30 meter, harganya pun relatif murah di banding senapan jenis lain berkisar ratusan ribu sampai 1 jt rupiah tergantung dari merk senapan.
          Kelebihan :
  • Tidak memerlukan izin khusus/ketat untuk caliber 4,5mm
  • Harga relatif murah di banding senapan jenis lain
  • Lebih praktis di bawa tanpa memerlukan alat pendukung senapan lainnya spt pada senapan PCP
Kekurangan :
  •  Jarak efektif merupakan yg terpendek dari senapan jenis lain dan hanya di peruntukan untuk small game/hewan buruan kecil saja
  • Pengoprasian yg sdikit rumit, harus memompa senapan sblm menembak

SENAPAN PCP (Pre Charge Pneumatic)
 
senapan PCP model mouser paling umum digunakan
Senapan yang memakai tabung yang berisi tekanan angin antara 2500psi – 3000psi yang kemudian dilepas untuk melontarkan proyektil/mimis. Senapan ini di peruntukan untuk small game dan juga medium game (hewan buruan berbobot sedang), senapan ini menggunakan peluru yg sama dengan senapan angin pompa yaitu mimis yg terbuat dari timah yang berbobot antara 8 – 10,5 grain, namun untuk berburu pada medium game, PCP lebih cocok menggunakan mimis berbobot antara 10,5 - 16 grain dengan kecepatan lesat peluru mencapai 1000 – 1350 fps, dengan bobot proyektil dan kecepatan melontarkan peluru yg sebesar itu dapat menghasilkan impact yg cukup besar. Senapan ini memiliki akurasi dan mampu membunuh hewan buruan sedang seperti musang, kancil, kelinci dari jarak 50 – 70 meter, bahkan pada senapan PCP impor memiliki daya hantam dan akurasi yg lebih jauh sampai 100 meter.

kelinci termasuk kategori medium hunting
Pengoprasiannya cukup praktis, sebelum berburu kita isi tabung senapan sampai tekanan 2500psi, setelah itu kita dapat langsung menembak tanpa harus memompa terlebih dahulu seperti pd senapan angin pompa. Sekali pengisian senapan PCP mampu menghasilkan 30 – 45 kali tembakan tergantung dari settingan power senapan, pengisian bisa menggunakan tabung diving/scuba dengan tekanan yang penuh atau dapat juga dengan menggunakan hill pump (alat pompa tangan khusus PCP). Senapan PCP ini memiliki berbagai jenis tipe senapan, mulai dari single shot, model gejlug (pengisian dpt dilakukan dengan menggejlug senapan), sampai model senapan yang memiliki magazen peluru yg dapat menampung 9 sampai 20 peluru dalam 1 magazen nya.

mimis digunakan sebagai peluru untuk senapan angin pompa dan senapan PCP

 Kelebihan :
  •  Tidak memerlukan izin khusus/ketat untuk caliber 4,5mm.
  • Pengoprasian lebih praktis, dapat langsung menembak setelah memasukan peluru, tidak perlu memompa senapan sebelum menembak spt pada senapan angin pompa.
  • Memiliki power serta Jarak efektif kategori sedang antara 60 – 70 meter untuk produk lokal, 70 – 100 meter untuk produk impor.
  • Cocok di dua kategori berburu, small game dan medium game.

Kekurangan :
  • Memerlukan bantuan tabung diving/hill pump untuk pengisian ketika tekanan angin di tabung senapan mulai habis
  • Harga relative lebih mahal di banding senapan angin pompa, berkisar 2 – 4 jt (produk lokal) dan 8 – 16 jt (produk impor)

SENAPAN SENPI (senjata api)



Senapan senpi menggunakan bubuk mesiu pada selongsong peluru nya sebagai tenaga propeller pelontar proyektil peluru. Senapan ini dapat diperuntukan untuk semua kategori berburu mulai dari medium game sampai big game (hewan buruan besar). Senapan ini merupakan yang paling fleksible dan paling praktis digunakan tanpa ketergantungan alat bantu di antara semua jenis senapan berburu, senapan jenis ini pula merupakan senapan dengan power terbesar dari semua jenis senapan berburu, namun senapan senpi tidak mudah untuk kita miliki, untuk memilikinya kita memerlukan perizinan yang ketat karena caliber nya yg tergolong mematikan ( cal 5,56mm – cal 7mm ), selain itu harganya pun cukup mahal berkisar antara 18 – >100 jt lengkap dengan surat2 perizinannnya, slain itu senapan ini tidak bebas kita bawa pulang ke rumah/ di bawa kemana saja walaupun kita sudah membelinya,

rusa, babi dan impala termasuk kategori big game
senapan harus di simpan di gudang kantor perbakin/ kantor kepolisian bila tidak di gunakan. Jarak tembak efektif nya bisa menjangkau hingga ratusan meter dengan power yang slalu stabil dari tiap tembakan yang di lepaskan.
Kelebihan :
  • memiliki power terbesar dari semua jenis senapan
  • dapat digunakan untuk semua kategori berburu 
  •  paling fleksibel dan paling praktis di gunakan di antara semua jenis senapan
kekurangan :
  •  memerlukan perizinan yang ketat dan cukup rumit untuk memiliki nya
  • harga nya yang paling mahal dari semua jenis senapan
  • tidak bebas di bawa pulang / di bawa kemana mana
S